YouTube Link Instagram Link

Berita Terkini


Ratusan UMKM Kota Semarang Perluas Pasar Melalui Platform Online

Selasa, 20 Juni 2017 | 20:45:45 WIB | Dibaca: 1993 Kali


Semarang, Kominfo - Potensi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Semarang menjadi daya tarik bagi penyedia platform online. Oleh karena itu, Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang bersama Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Komunikasi dan Informatika, IdEA (Asosiasi E- Commerce Indonesia) serta Blanja.com bekerjasama untuk membawa UMKM di wilayah Kota Semarang memasuki platform online.

"UMKM menjadi penggerak ekonomi terbesar Indonesia. UMKM diharapkan mampu meningkatkan ekonomi Indonesia dengan prediksi akan meningkatkan PDB Indonesia hingga 10% jika tercapai 8 juta UMKM yang Go Online pada tahun 2020," jelas Direktur Pemberdayaan Informatika Septriana Tangkary pada Edukasi UMKM Go Online di Universitas Dian Nuswantoro Semarang, Selasa (23/06/2017).

Acara Edukasi UMKM Go Online ini harus menjadi momentum tolak balik bagi UMKM yang hadir untuk mengembangkan usaha yang saat ini tidak meningkat secara signifikan. "Target untuk memperluas pemasaran, tetapi efisien dalam biaya operasional, maka berjualan melalui platform online adalah pilihan yang tepat bagi UMKM. Apalagi dengan infrastruktur akses Palapa Ring harus dimanfaatkan oleh UMKM karena perubahan model bisnis yang terjadi ke arah basis online," ungkap Head of Business Operations Blanja.com, Fikri.

Tantangan untuk tetap sukses dalam berjualan melalui platform online dijelaskan Fikri adalah kemauan dari UMKM untuk tetap meningkatkan kualitas produk, memutakhirkan informasi dan data pada toko online masing-masing. "Tantangan ini juga yang menjadi salah satu alasan Blanja.Com untuk bekerjasama dengan Pemerintah Kota Semarang dan Kominfo untuk mengadakan edukasi terhadap UMKM," ujar Fikri.

Pemerintah Kota Semarang sendiri telah memiliki program kredit sangat ringan yang diperuntukkan kepada UMKM dengan bunga terendah yang ada saat ini yakni hanya 3% per tahun. "Program kredit ringan ini diberi nama Kredit Wirausaha Bangkit Jadi Juara, yang dapat diperoleh UMKM dengan mendaftar untuk mendapatkan izin dari Dinas Koperasi dan UKM Kota Semarang. Proses perizinan sudah disediakan dengan layanan berbasis online," papar Kepala Dinas Kominfo Nana Storada yang mewakili Walikota Semarang.

Pada Acara Edukasi ini UMKM yang hadir  diberikan kiat-kiat untuk sukses di platform online, dan langsug didaftarkan sebagai anggota di Blanja.Com. Banyak dari UMKM yang membawa produk untuk difoto dan diupload di toko online yang dibuka di Blanja.Com.

Dengan banyaknya UMKM yang hadir, diharapkan dapat memberikan pengaruh kepada UMKM lainnya untuk turut memasuki platform online. UMKM yang hadir pada acara ini adalah UMKM yang telah terdaftar di Dinas Koperasi danUKM Kota Semarang, binaan dari PBNU Jawa Tengah, dan binaan dari Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Jawa Tengah. (*LP/VE)